Inilah 4 Pasukan Khusus Militer Negeri Islam yang Paling Ditakuti Dunia


Inilah 4 Pasukan Khusus Militer Negeri Islam yang Paling Ditakuti Dunia

Muslimhebat.com - Patut diakui bahwa selain ajaran islam yang sangat diminati, salah satu yang membuat islam menajadi ajaran yang besar adalah karena ekspansi yang kuat dan cepat ke berbagai belahan dunia. Faktor yang mendukung yang berperan penting terhadap kelancara dan kestabilan suatu ekspansi adalah dengan hadirnya kemampuan militer yang Memadai, kali ini muslimhebat akan membahas 4 pastukan khusus militer islam yang di takuti oleh dunia, berikut beritanya:





Mujahidin


Pasukan militer Islam yang hebat dan paling diseganiDalam bahasa Inggris, kata Mujahidin tercatat sejak tahun 1958, dari Pakistan, diadopsi dari bahasa Persia dan Arab, sebagai jamak dari mujahid "orang yang berjuang dalam jihad", dalam penggunaan modern, untuk "gerilyawan Muslim."
Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, istilah "mujahidin" menjadi nama berbagai pejuang bersenjata yang menganut ideologi Islam dan mengidentifikasi diri mereka sebagai mujahidin.

Mujahidin Afghanistan

Dari berbagai kelompok Mujahidin yang ada di seluruh dunia, yang paling terkenal tentu saja selalu Mujahidin Afghanistan. Pada awalnya, kaum Mujahidin berperang melawan pemerintah Afghanistan yang disetir Soviet pada akhir 1970-an. Uni Soviet keluar dari Afghanistan di akhir 1980-an karena tidak kuat melawan para mujahidin.
Banyak muslim dari negara-negara lain menawarkan diri untuk membantu kelompok mujahidin di Afghanistan, dan memperoleh pengalaman yang signifikan dalam perang gerilya. Pada periode ini, Mujahidin yang paling terkenal adalah Abdullah bin Azzam.

Mujahidin Bosnia-Herzegovina


Mujahidin juga lahir di Bosnia selama perang Bosnia 1992-1995 setelah pembantaian yang dilakukan oleh tentara Serbia terhadap Muslim sipil Bosnia. Jumlah kaum Mujahidin saat itu dikabarkan mencapai 4.000. Mereka datang dari tempat-tempat seperti Arab Saudi, Pakistan, Afghanistan, Yordania, Mesir , Irak dan Palestina.

Bukti-bukti menunjukkan bahwa relawan asing tiba di pusat Bosnia pada paruh kedua tahun 1992 dengan tujuan untuk membantu saudara-saudara Muslim mereka melawan penjajah Serbia. Kebanyakan mereka datang dari Afrika Utara, Timur Dekat dan Timur Tengah. Relawan asing berbeda jauh dari penduduk setempat, bukan hanya karena penampilan fisik mereka dan bahasa mereka berbicara, tetapi juga karena metode bertempur mereka.

Mujahidin di Checnya


Kaum Mujahidin memainkan peran dalam perang kedua Chechnya. Setelah runtuhnya Uni Soviet dan kemudian deklarasi kemerdekaan Chechnya, pejuang mulai memasuki berbagai kawasan. Banyak dari mereka merupakan veteran perang Soviet-Afganistan dan sebelum invasi Rusia, mereka menggunakan keahlian mereka untuk melatih para pejuang Chechnya. Selama Perang Chechnya Pertama mereka ditakuti karena taktik gerilya mereka, menimbulkan korban berat pada pasukan Rusia. Setelah penarikan pasukan Rusia dari Chechnya, sebagian besar mujahidin memutuskan untuk tetap tinggal di Negara itu.



Hassasin


Kawan-kawan semua udah pada tau kan sama game Assasins Creed? Nah game ini memiliki kisah yang nyata . Kisah ini trjadi di abad pertengahan saat itu yaa sedng sengit-sengitnya perselisihan antara Muslim dan Nasrani .

Pada pertengahan abad ke 12, di Syria terdapat sebuah kelompok rahasia para penghisap ganja. Mereka berusaha merebut tahta kepemimpinan Islam pada masa itu dengan cara-cara kekerasan. Kelompok ini memiliki struktur organisasi rapi. Mereka membangun sistem sel bawah tanah. Membentuk agensi dan spionase dengan struktur kepemimpinan piramidal. Jaringan intelijen piramidal ini mereka gerakkan di tengah masyarakat Muslim di seluruh dunia.

Para Hassasin melawan muslim Dinasti Seljuk yang menentang keberadaan mereka. Metode membunuh mereka adalah dengan cara pembunuhan secara diam2, dan berlaku sebagai seorang Assassin (pembunuh), mereka menggunakan pisau yang disembunyikan, panah, sampai racun. Mereka membunuh setiap target dari para Seljuk secara diam2, dan terkadang, mereka membunuh target mereka di hadapan khalayak ramai dan terkadang juga, di masjid, agar banyak yang dapat melihat.

Ada rumor yang beredar tentang Hashshashin, cara perekrutan yang dilakukan adalah dengan cara membuat sang calon percaya kalau dia sedang berada di ambang kematian (dengan drug, kemungkinan hashis atau sesuatu yang lebih kuat), kemudian, ia akan melihat dirinya berada di Firdaus dan dilayani oleh perawan-perawan. Padahal sesungguhnya, sang calon tidak meninggal, ia hanya dibawa ke suatu kebun yang indah, dan ia dibuat percaya bahwa kebun indah yang dilihatnya benar2 firdaus.

Bagi yang belum tau apa tu Hashish. Hashish sama seperti ganja.. Nah kalo hashish padat atau dalam bahasa Kimia nya berupa tetrahidrocarbinol yang sifat nya padat secara natural seperti kaca dan menjadi lunak apabila di panaskan. Yaa mirip-mirip Opium lah . Namun kata awal Hassasin yang berasal dari "Hash" tadi berubah karena kematian Nizariyah yang digantikan oleh Hasan bin Sabah. Jadi Hassasin berubah presepsi menjadi Para pengikut Hasan , bukan lagi para penghisap ganja. Dan hassasin ini mempunyai benteng di Alamut yang arti nya Istana Kematian. Persia. Dan salah satu bukti keberadaan mereka. Adanya catatan perjalanan Markopolo. Markopolo sudah berkunjung ke Alamut dalam perjalanan nya menuju Selatan.

Karena saat abad pertengahan perseteruan antara Islam Sunni dan Islam Syiah sedang membara. Maka Hassasin yang beraliran Syiah memiliki dua target yaitu membunuh para petinggi Syiah dan Nasrani. Jadi bagi umat Islam maupun Nasrani , Hassasin bisa dibilang bukan kawan maupun lawan.

Nah karena kematian Hasan bin Sabah oleh anaknya sendiri, dan hancurnya benteng Alamut ( benteng utana Hasasin) oleh dinasti Mongol yg dipimpin oleh Hulagu Khan kepemimpinan Assasins menjadi terbelah. Para petinggi Abasiyyah,Umayyah,dan Mameluk memasukkan agen rahasianya ke organisasi Hassasin . Nah hasilnya Hassasin kembali ke jalan yang benar sebagai manusia yang menjalankan Syariat Islam , walhasil mereka menjadi sekte ahli Kerajaan Ottoman Turki dalam perang salib. Bekerjasama dengan Janissary

Tokoh Hassasin


1. Hasan-bin-Sabah.
Pemimpin para Hashashin yang kahrismatik, Ia yang pertama mendirikan hashashin dan membuatnya menjadi grup yang ditakuti orang karena keterampilan dalam membunuh diam-diam.

2.Altaïr ibn La-Ahad (الطائر ابن لا أحد , Arabic, "The Flying Eagle, Son of None"),
hmm. ini lebih kepada tokoh game.. tapi kan yang saya tulis well known.. ehehehhe :D .. tapi kalo yang udah main game nya. tokoh2 yang di bunuh memang benar benar mati terbunuh. seperti Robert de Sable (Grand Master Knight Templar), William de Monferatt, Sibrand (Teutonic Knight), Majd al-Adin, dsb. Walaupun belum tentu dibunuh ama Altair , tapi kan emang benar benar mati.. heheheheh :D

Konon Assasins pernah disewa oleh Richard The Lion Heart untuk membunuh saingannya di pemerintahan Yerusalem. Oh iya Hasasins itu organisasi indipenden yang tak terkait dengan kerajaan ( sebelum masuk ke Ottoman )


Janissary


Janisari (berasal dari bahasa Turki Utsmaniyah: ينيچرى (Yeniçeri) yang berarti "pasukan baru") adalah pasukan infanteri yang dibentuk oleh Sultan Murad I dari Kekalifahan Bani Seljuk pada abad ke-14. Pasukan ini berasal dari bangsa-bangsa Eropa Timur yang wilayahnya berhasil dikuasai oleh Turki. Utsmani Tentara ini dibentuk tak lama setelah Kekaisaran Byzantium kalah oleh Turki Utsmani. Alasan utama pembentukan laskar Janisari adalah karena tentara Turki Utsmani yang ada tidak memadai, terutama karena terdiri dari suku-suku yang kesetiaanya diragukan. Janisari awalnya adalah para tahanan perang (terutama yang asalnya dari Eropa Timur - Balkan) yang diampuni tetapi dengan syarat harus membela Kekaisaran Turki Utsmani.

Sejalan dengan waktu, untuk memastikan kesetiaan kesatuan ini, selanjutnya Sultan punya ide untuk merekrut pasukan Janisari ini dari budak yang masih bocah, sehingga mereka bisa diajari (didoktrin) untuk membela dan mengawal Sultan. Pada masa itu, pasukan Janisari ini adalah pasukan terkuat di dunia. Konon pasukan ini adalah pasukan yg pertama sekali memakai senapan. (yang kemudian ditiru oleh orang Eropa). Saat itu Turki memiliki persediaan mesiu yang cukup banyak (dimana pada saat itu di daerah lain masih langka). Pasukan ini adalah pasukan kedua setelah Mongol yang berhasil menjajah Eropa.

Janisari adalah brigade terpisah dari pasukan reguler Turki yang bertugas mengawal Sultan Dinasti Utsmani (Ottoman Empire). Sedangkan Bani Seljuk adalah Dinasti sebelum Utsmani. Utsman diambil dari pemimpin kabilah Osmani yg mempunyai kekuatan yang besar sewaktu Bani Seljuk masih berkuasa. Waktu Seljuk pecah, kabilah yang dipimpin Osmani menyatukannya kembali dibawah bendera baru. Kekuasaan Turki Utsmani mencapai seluruh wilayah di Balkan dan Eropa Tenggara. Kota Wina dua kali diserang oleh kakuatan Turki Utsmani, tetapi karena seluruh kerajaan di Eropa bersatu untuk membendung dengan kekuatan penuh dan logistik yang memadai, ambisi Turki Utsmani untuk menguasai seluruh Eropa tidak berhasil.

Pakaian khas Janisari adalah sejenis long musket. Ciri khasnya adalah topinya yang memakai tutup kain dari depan ke belakang leher, menyerupai sorban.

Kisah terkenal mengenai kehebatan pasukan ini adalah ketika Byzantine kalah total saat Constantinopel ditaklukan oleh Turki Utsmani yang dipimpin oleh Sultan Mahmud Al-Fatih, beliau anak dari Sultan Murad II. Saat itu Janisari adalah pasukan yang berperan penting dalam pertempuran tersebut. Yang menarik, pada zaman Sultan Mahmud, Pasukan Janisari termasuk yang ikut bertempur melawan Dracula si Penyula dari Wallachia dekat Transevalnia yang haus darah. Dracula (Vlad Teppes) sempat dikalahkan adiknya sendiri yaitu Radu yang saat itu menjadi pemimpin Janisari untuk menaklukan Dracula. ( Dracula artinya anak Dracul atau anak naga karena bapaknya adalah Vlad Dracul yang menjadi anggota Ordo Naga ).

Jannisary sendiri dibagi manjadi dua kesatuan, yaitu: infantri dan kavaleri.Selain Janisari, Turki Utsmaniyah juga masih mempunyai kesatuan elite lainnya, yaitu: Tentara Ghulam, Cavalary Sipahi, dan tentunya pasukan Onta.

Selama beberapa abad Janisari bertahan sebagai pasukan elit pengawal Sultan. Karena statusnya itu Janisari, baik secara jumlah dan status berkembang semakin besar. Sekitar abad 19 Janisari dibubarkan oleh Sultan Mahmud II pada tahun 1826 karena terjadinya insiden Auspicious, dimana laskar Janisari mencoba melakukan kudeta terhadap kekaisaran Turki Ottoman.




Mamluk


Setelah memeluk Islam, seorang Mamluk akan dilatih sebagai tentara berkuda. Mereka harus mematuhi Furisiyyah, sebuah aturan perilaku yang memasukkan nilai-nilai seperti keberanian dan kemurahan hati dan juga doktrin mengenai taktik perang berkuda, kemahiran menunggang kuda, kemahiran memanah dan juga kemahiran merawat luka dan cedera.

Tentara Mamluk ini hidup di dalam komunitas mereka sendiri saja. Masa lapang mereka diisi dengan permainan seperti memanah dan juga persembahan kemahiran bertempur. Latihan yang intensif dan ketat untuk anggota-anggota baru Mamluk juga akan memastikan bahawa kebudayaan Mamluk ini abadi.

Setelah tamat latihan, tentara Mamluk ini dimerdekakan tetapi mereka harus setia kepada khalifah atau sultan. Mereka mendapat perintah terus dari khalifah atau sultan. Tentara Mamluk selalu dikerahkan untuk menyelesaikan perselisihan antara suku setempat. Pemerintah setempat seperti amir juga mempunyai pasukan Mamluk sendiri tetapi lebih kecil dibandingkan pasukan Mamluk Khalifah atau Sultan.

Pada mulanya, status tentara Mamluk ini tidak boleh diwariskan dan anak lelaki tentara Mamluk dilarang mengikuti jejak langkah ayahnya. Di sebagian kawasan seperti Mesir, tentara Mamluk mulai menjalin hubungan dengan pemerintah setempat dan akhirnya mendapat pengaruh yang luas.Kehebatan tentara Mameluk sudah terbukti saat pasukan Mameluk menaklukkan wilayah Andalusia ( Spanyol ) dan terus menekan kerajaan Frank ( Perancis )
Sumber: Mardeka.net
 

sumber berita:
http://www.muslimhebat.com/2016/01/mantap-inilah-4-pasukan-khusus- militer.html



Related Posts:

0 Response to "Inilah 4 Pasukan Khusus Militer Negeri Islam yang Paling Ditakuti Dunia"

Posting Komentar

tolong jangan pasang backlink di comment... pasang saja di "Name/URL"







Jadikan Blog/Situs Anda Penghasil Uang







Jadikan Blog/Situs Anda Penghasil Uang